Dodol Jahe Sopiah, Oleh-oleh Khas Kota Cimahi

Gambar

Oleh : J. Haryadi

Mendengar nama dodol, memang tidak bisa dipungkiri kalau makanan ini begitu identik dengan kota Garut. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Dodol Garut sudah lama menjadi komoditi industri, baik industri skala besar (pabrikan) maupun skala kecil (home industry).

Selain Garut, ternyata Kota Cimahi juga memiliki makanan dodol dengan citra rasa yang khas, yaitu dodol jahe yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dodol jahe ini dulunya merupakan makanan khas kaum bangsawan, sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Lambat laun makanan ini mulai menyebar ditengah masyarakat, namun masih diproduksi pada acara tertentu saja dan tidak dijual dipasaran. Biasanaya makanan ini hanya diproduksi pada saat menjelang Hari Raya idul Fitri, acara pernikahan, khitanan atau acara-acara khusus lainnya.

Seiring dengan perjalanan waktu, popularitas makanan ini mulai memudar dan ditinggalkan oleh masyarakat, karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Kini hanya tersisa beberapa orang pengrajin dodol jahe yang masih setia memproduksinya. Mereka masih mempertahankan tradisi leluhurnya dan berusaha melestarikan makanan khas Kota Cimahi ini agar tidak punah dan masih bisa dinikmati oleh generasi penerusnya.

Salah seorang pembuat dodol jahe yang sangat dikenal dan masih eksis memproduksi makanan khas Kota Cimahi tersebut adalah Bu Sopiah. Wanita yang usianya sudah lebih dari setengah abad ini dengan dibantu keluarga dan kerabat terdekatnya, secara rutin masih memproduksi dodol jahe. Bahkan atas saran dari keluarga, makanan ini sekarang sudah di produksi setiap hari secara rumahan (home industry) sebagai oleh-oleh khas Kota Cimahi. Hampir setiap wisatawan yang datang ke Kota Cimahi ini tidak pernah melewatkan waktunya untuk membawa oleh-oleh dodol jahe buatan Bu Sopiah yang dikenal dengan nama “Dodol Jahe Sopiah”.

Menurut Bu Sopiah, dodol jahe ini dibuat dari bahan baku pilihan yang higienis. Bahan utamanya terbuat dari ketam hitam, jahe, gula merah, gula putih dan rempah-rempah rahasia milik keluarga. Uniknya, makanan ini tidak dijual dipasaran, sehingga untuk mendapatkannya kita harus datang langsung ke kediaman Bu Sopiah yang beralamat di Jalan Pesantren VI No.222, kelurahan Cibabat Kcamatan Cimahi Utara.

Nah, jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke kota Cimahi, jangan lewatkan untuk membawa oleh-oleh dodol jahe khas Kota Cimahi dan mampir ke rumah Bu Sopiah.  Anda juga bisa memesan dodol jahe tersebut dengan menghubungi salah seorang anak dan menantunya yang turut mengelola usaha ini, yaitu : Agus Hamdani/Lena Hodijah di nomor HP : 0857-2033-1166 atau 0853-2067-6225

***

J. Haryadi
Penulis Buku “TOTAL SUCCESS : Jangan mau jadi orang biasa, jika bisa jadi luar biasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: