SMS – Spiritual Motivation for Success

oleh J. Haryadi

Setiap orang pasti mengharapkan hidupnya sukses, tetapi kenyataannya tidak semua orang bisa hidup sukses sesuai dengan harapannya. Banyak orang yang menyikapi hal ini dengan beragam cara. Ada yang bersikap pasrah pada nasib dan tidak mau lagi berbuat apa-apa dan mengatakan kalau takdirnya memang sudah seperti itu. Ada juga yang justru tidak menyerah pada nasib, melainkan terus berjuang untuk mengubah nasibnya sekuat tenaga. Ada yang berhasil, tetapi ada juga yang justru semakin terpuruk dan tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Kesuksesan itu ternyata bisa pelajari dan bisa diciptakan. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya seperti hujan turun dari langit. Kesuksesan memerlukan cara, strategi dan proses. Tentu saja ada rahasianya mengapa seseorang itu bisa gagal atau berhasil dalam hidupnya. Usaha yang keras saja tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi sukses, juga dibutuhkan do’a dan ridho Allah SWT.

Memahami Hakikat Sukses

Sebuah pohon yang sangat tinggi dan besar ada di depan anda. Jika anda terkesima dengan kebesaran dan ketinggian pohon tersebut, pastilah anda berpikir tidak akan mungkin untuk memotongnya. Sampai kapanpun pohon itu masih akan tetap berdiri kokoh, karena anda tidak pernah berani menebangnya.

Sebaliknya, jika anda berpikir bahwa tidak ada pohon yang tidak bisa ditebang, maka dengan ayunan kapak setiap hari secara konsisten, lamban laun pohon tersebut akan tumbang juga, walaupun mungkin membutuhkan waktu yang agak lama. Memang, tidak ada yang tidak mungkin terjadi jika  anda mau mencobanya.

Hampir semua orang menginginkan sesuatu yang luar biasa, tetapi kebanyakan dari mereka tidak berani berbuat sesuatu untuk mewujudkan impiannya itu. Mereka hanya bermimpi yang indah-indah dan mengharapkan keajaiban tiba-tiba menghampirinya. Mereka hanya bersedia melakukan sesuatu yang aman-aman saja dan mengikuti arus, sehingga kebanyakan dari mereka memang tidak berpeluang untuk memperoleh hasil yang luar biasa. Mereka lupa, sesuatu yang istimewa itu tidak datang dengan sendirinya melainkan diupayakan melalui usaha dan bekerja secara luar biasa, penuh resiko namun melalui perencanaan dan pertimbangan yang matang, bukan hanya dengan cara-cara biasa.

Jika anda mempunyai sebuah rencana dan merasa mampu melaksanakannya, maka jangan kuatir berapa lama anda akan mencapai puncak kesuksesan, dan jangan juga kuatir apa yang dikatakan orang lain mengenai hal tersebut. Seperti halnya seekor anak kijang yang baru lahir, dalam hitungan menit ia akan dapat merangkak, lalu berdiri, berjalan, dan kemudian berlari. Demikian juga dengan banyak hewan lainnya, hanya dalam hitungan hari dapat mereka sudah bisa mandiri. Tetapi coba kita lihat manusia, ketika dilahirkan hingga mencapai usia dewasa, manusia sangat ketergantungan dengan orang tuanya. Manusia membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi mandiri, mulai dari berjalan, bicara, hingga mencari nafkah sendiri. Uniknya, manusia adalah makhluk yang paling mulia di muka bumi ini.

Dalam hal ini dapat kita ketahui bahwa terkadang dengan menempuh waktu yang lebih lama, sebuah proses akan menghasilkan kondisi yang lebih sempurna dan jauh lebih baik dari proses yang didapatkan secara instant. Namun perlu juga diketahui, apakah seseorang telah berada dalam jalur yang benar untuk mencapai tujuannya ?

5 Jalan Rahasia Menuju Sukses

Kesuksesan bisa diraih jika kita mampu memperoleh rahasia untuk mencapainya. Melalui 5 jalan rahasia menuju sukses, setiap orang bisa menerapkan dan membuktikannya sehingga bisa dijadikan sebagai panduan bagi siapa saja yang ingin hidupnya sukses, baik sukses di dunia maupun  sukses di akherat. Adapun ke 5 (lima) jalan rahasia menuju sukses tersebut adalah :

(1)     The power of Dream

Setiap orang harus mempunyai impian  dan tujuan hidup yang jelas agar mendapat hal-hal terbaik dalam hidupnya.  Kita harus berani memimpikan hal-hal terindah dan terbaik yang kita inginkan bagi kehidupan kita dan kehidupan orang-orang yang kita cintai. Tanpa impian, kehidupan kita akan berjalan tanpa arah dan akhirnya kita tidak menyadari dan tidak mampu mengendalikan ke mana sesungguhnya kehidupan kita akan menuju.

Apakah saat ini anda sedang memiliki impian yang sangat tinggi ? Apakah impian tersebut tampaknya seperti mustahil untuk direalisasikan mengingat kondisi anda saat ini yang serba kekurangan ? Apakah mungkin sekarang anda sedang direndahkan dan ditertawakan oleh teman, saudara, atau bahkan orang tua anda sendiri ketika  menceritakan impian anda tersebut kepada mereka ?

Jika anda menjawab ya, maka sebaiknya anda tidak perlu merasa berkecil hati, apalagi berputus asa. Anda seharusnya bangga dan berbahagia karena anda baru saja memasuki langkah awal kesuksesan. Mengapa demikian? Karena pondasi kesuksesan adalah impian yang kita miliki. Setiap orang yang telah sukses pasti diawali dengan impian.

(2) Full Action for Success

Cita-cita, keinginan, impian atau tujuan hidup tidak mungkin bisa tercapai tanpa suatu tindakan yang nyata. Semua itu akan percuma atau sia-sia jika kita hanya berpangku tangan atau berdiam diri dan hanya menunggu keajaiban tiba. Bertindak nyata (action) adalah lebih baik, apalagi diserai dengan semangat yang tinggi, maka tidak ada yang mustahil untuk diwujudkan. Seperti pepatah mengatakan, “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.”. Dengan melakukan action, Insya Allah kita akan mengetahui hasilnya.

Sebuah ide jika dijalankan akan jauh lebih baik dibandingkan jika kita mempunyai 1001 ide namun tidak ada satupun yang dijalankan.  Ide yang paling bagus untuk mencapai sukses adalah action. Jangan pikirkan dulu hasilnya, yang terpenting kita mau melakukan usahanya dulu, sedangkan hasilnya akan mengikuti sampai sejauh mana usaha yang kita lakukan dan seberapa keras dan cerdas kita melakukannya.

(3) Dare to live

Dunia merupakan tempat kehidupan manusia yang penuh dengan warna. Kehidupan manusia di dunia ini bersifat sementara, karena dunia hanyalah persinggahan kita dalam menuju kehidupan yang kekal dan abadi yaitu alam akhirat. Dunia merupakan tempat bagi manusia untuk berjuang dalam mengisi kehidupannya dengan berbagai hal yang baik dan bermanfaat, sebagai bekalnya untuk kembali kepada sang Khalik, menuju alam akhirat. Perjuangan manusia didunia tidak akan berhenti kecuali ketika nafasnya sudah tidak bisa berhembus lagi.

Siapapun orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki masalah. Tentu saja masalah yang dihadapi manusia itu sangat beragam, baik masalah yang sederhana maupun persoalan yang rumit dan pelik. Ketika masalah tersebut datang menimpa diri kita, sanggupkah kita mengatasinya ? Atau kita justru terus terpuruk, terjebak  dalam masalah secara berkepanjangan dan tidak bisa keluar dari lingkarannya ?

Orang yang sukses harus siap dan berani menghadapi tantangan yang hadir dalam kehidupannya. Berani, artinya siap mengambil langkah atau tindakan dengan segala resiko yang harus dihadapinya. Setiap tindakan yang diambil tentunya sudah dipertimbangkan secara baik, matang dan maksimal, dari berbagai sudut pandang, agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan kita. Namun kita juga harus menyadari kalau manusia itu ada kekurangannya. Bisa saja adal satu hal yang lupa atau terlewat dari analisa kita shingga hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Tapi itu semua tidak menjadi masalah, yang terpenting kita sudah berani mengambil sikap dan keputusan, sedangkan hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT.

Sayangnya, tidak semua orang mempunyai keberanian untuk melakukan sesuatu ketika masalah menghampirinya. Ia hanya pasrah pada nasibnya dan tidak melakukan apa-apa. Bagaimana mungkin kita bisa mengubah nasib kita jika tidak berani berbuat sesuatu untuk diri kita sendiri ?   Seorang pecundang tak kan pernah meraih sukses ! Tentu kita tidak mau menjadi seorang pecundang bukan ?

(4) Time Management

Waktu memiliki keunikannya sendiri, terus bergerak maju dan tidak pernah mundur sedetikpun. Waktu tidak bisa diulang dan akan selalu meninggalkan setiap orang yang melalaikannya. Waktu akan selalu meninggalkan mereka yang tidak mengelolanya dengan cerdas untuk kehidupannya.

Orang yang keluar sebagai pemenang (sukses) adalah orang yang bisa mensyukuri nikmat waktu yang telah diberikan Allah SWT dengan memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik demi kemuliaan hidupnya. Sebaliknya, orang yang kalah atau gagal adalah orang yang tidak bisa menggunakan waktunya dengan baik, dan hanya menggunakannya untuk hal-hal yang tidak berguna.

Kita harus ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan singkat. Coba kita melihat ke belakang sejenak, sepertinya baru kemari kita berusia remaj, tetapi sekarang kita sudah menjadi orang dewasa, bahkan mungkin menjelang tua. Karena itu, jangan pernah menunda-nunda memanfaatkan waktu untuk kebaikan. Kita tidak akan pernah tahu berapa lagi sisa usia yang kita miliki. Kita tidak akan pernah tahu mengenai hari esok. Oleh sebab itu akan rugi bagi siapa saja yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Keberuntungan dan kerugiaan seseorang sesungguhnya dapat dinilai dari bagaimana dirinya memanfaatkan waktu hidupnya yang begitu singkat ini. Orang yang bisa memanfaatkan waktu yang amat singkat dengan memperbanyak kebaikan untuk bekal kehidupan, dia akan menjadi orang yang beruntung. Lalu, sudahkah kita memanfaatkan waktu yang kita miliki sebaik-baiknya ? Sudahkah kita menggunakan waktu kita untuk meraih kehidupan dunia dan kehidupan akhirat kita dengan seimbang ?

(5) The Miracle of Prayer.

Doa mempunyai keajaibannya sendiri dan mampu membuat sesuatu yang “tidak mungkin terjadi” menjadi “mungkin”. Doa mempunyai kekuatan dahsyat yang dapat mengubah nasib seseorang dari jelek menjadi baik, dari miskin menjadi kaya, dari sakit menjadi sehat, dari gagal menjadi sukses. Kalau Allah sudah berkehendak ingin mengabulkan doa seorang hambanya, maka “kun fayakun !”  (Jadi terjadilah !”). Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT agar bisa menciptakan keajaiban seperti apa yang kita inginkan.

Dalam kondisi apapun, susah ataupun senang, miskin ataupun kaya, kita sebagai manusia dan hamba yang memiliki banyak kelemahan, harus berdoa kepada Allah sebagai bentuk iman kita kepadaNya dan sebagai bukti penghambaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dialah satu-satunya yang dapat menjawab berbagai apapun masalah yang kita hadapai. Dialah satu-satunya yang dapat memberi kita segala hal yang kita butuhkan. Hanya Allahlah yang dapat memberi kepuasan atas kebutuhan kita yang paling mendalam,  kebutuhan-kebutuhan yang kita sendiri bahkan tidak mengetahuinya.

Sesungguhnya Allah berada sangat dekat disisi orang yang beriman. Allah berada di mana-mana dan mengetahui segala sesuatu dan dapat berbuat apa saja terhadap umatNya. Dia dapat mendengar setiap doa dan menjawab doa yang kita panjatkan. Kita tidak boleh berdoa selain kepadaNya karena perbuatan tersebut termasuk musrik dan perbuatan ini sangat dimurkai Allah SWT.

Berdoa kepada Allah adalah sesuatu yang bersifat pribadi.  Sangat menarik ketika ada seorang hamba Allah karena mungkin sudah begitu kenyang dengan nikmat yang Allah berikan, lalu dia merasa sudah cukup dan tidak perlu lagi untuk berdoa atau meminta kepada Allah. Jika ada orang yg merasa sudah tidak perlu berdoa berarti dia telah mengingkari kemanusiannya itu sendiri bahkan mungkin tidak memiliki adab kepada Allah dan Rasulullah. Padahal nabi Muhammad saw selalu menganjurkan dan mencontohkan kita untuk selalu berdoa setiap saat, bahkan belaiu mengatakan kalau orang yang tidak meminta kepada Allah (berdoa) berarti orang itu termasuk hamba yang sombong.

***

Bandung, 12 April 2013

J. Haryadi
Penulis, Motivator dan Trainer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: