Rahasia Awet Muda

RAHASIA AWET MUDA

( Mata Masih Jelas Ketika Usia Sudah Senja )

Oleh : J. Haryadi

Silaturahim memang dianjurkan dalam agama Islam, oleh sebab itu ketika kesempatan itu ada, Saya berkunjung ke rumah saudara.

Entah sudah berapa tahun Saya tak mengunjunginya. Ketika Saya datang, lelaki tua itu memandangku cukup lama. Rupanya ia masih ingat dengan wajahku namun lupa dengan namaku. Maklum kami sudah lama berpisah.

“Apa kabar Wak ?”, sapaku setelah masuk rumah dan menyalaminya.

“Alhamdulillah ….kabar baik”, jawabnya lembut, namun dengan intonasi yang jelas.

Lalu kami duduk dikursi yang terlihat sudah agak tua dimakan usia. Seperti biasa, pembicaran awal seputar kabar keluarga kami. Cukup lama kami kangen-kangenan. Saat itu Saya bertanya apa kegiatan Uwak tersebut dimasa tuanya. Ia mengatakan kalo dia sudah tidak banyak kegiatan lagi, hanya sesekali ceramah di masjid, waktunya lebih banyak ia manfaatkan dirumah bersama cucunya, sambil membaca buku, koran atau majalah kesukaanya. Dan alangkah terkejutnya Saya ketika ia mengambil majalah kesukaanya dan membacanya di depanku.

“Maaf Wak, emang masih jelas membacanya ? Apakah tidak pake kaca mata ? Saya aja sudah pake kacamata Wak kalau baca buku …”, tanya saya padanya heran, setengah tidak percaya.

“Dari dulu juga Uwak gak pernah pake kacamata. Uwak masih mampu membaca tulisan yang kecil-kecil seperti di majalah ini. Coba lihat, Uwak masih mampu membaca tulisan ini”, katanya sambil memperlihatkan kolom iklan mini yang ada di malajah tersebut dan membaca tulisannya dihadapanku.

“Tulisan ini masih bisa wak baca !”, kataku terheran-heran.

“Betul….Nak !”, jawabnya singkat.

Terus terang aku menjadi takjub pada lelaki tua yang sudah berusaia diatas 70 tahun tersebut. Memang kondisi fisik Uwak ku tersebut kepalanya sudah dipenuhi uban, kulitnya sudah mulai mengkerut, namun wajahnya masih terlihat segar dan sorot matanya begitu tajam. Kalau berjalanpun tidak terlihat seperti kakek-kakek yang mulai renta.

“Wak ….boleh tahu donk rahasinyanya mengapa mata uwak masih bagus seperti sekarang ?”, tanyaku padanya penuh selidik.

“Ya, tentu saja Nak ! Mudah kok, asal mau, kau bisa menjalankan”, jawabnya

Akhirnya saya mendapatkan rahasia awet mudanya, terutama rahasia mengapa matanya masih tajam seperti sekarang. Kakek tua itu memberikan resepnya sebagai berikut :

  1. Sebelum tidur, siapkan segelas air putih, lalu minum.
  2. Ketika bangun tidur, sebelum gosok gigi, minum lagi segelas air putih dan jangan makan sesuatu paling tidak setelah setengah jam berikutnya.
  3. Lakukan joging atau olah raga berlari-lari kecil di atas rumput hijau. Kalau tidak ada rumput hijau, berlari-lari disekitar daerah yang masih banyak tumbuhan atau pohon-pohon berwarna hijau dan memandangnya selama melakukan aktivitas joging.
  4. Setiap kali membaca apa saja, jangan dilakuakn ditempat yang gelap. Jika kita di dalam rumah, arah badan kita jangan menghadap keluar (sumber cahaya) yang menyilaukan, karena akan membuat mata menjadi lemah

Demikian resep yang sudah dilakukan sang kakek dan sudah terbukti keampuhannya. Semoga bermanfaat

* * *

Advertisements

2 responses

  1. hhehe.. kayak nya pernah denger yaa..
    Assalamualaikum wr.wb
    halo bapak,, ini fani

    1. Wa’alikum Salam Wr. Wb.

      Halo Juga Fani….ternyata sempat juga ya mampir ke blog Bapak.
      Betul Fani, artikel tersebut pernah Bapak ceritakan padamu tempo hari.
      Kalo mau nulis, boleh juga tuh dikirim ke email Bapak (j.haryadi@yahoo.com),
      biar bisa diterbitkan di sini …he..he.he.

      Makasih ya Fani atas kunjungannya.

      See you next time !
      J. Haryadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: