Meraih Kesuksesan By H. Arul

Meraih Kesuksesan Dengan Melejitkan

Empat Kecerdasan Berbasis Al-Qur’an

Oleh: H. Amirulloh Syarbini, M.Ag

Setiap orang pasti ingin sukses dalam hidupnya. Ini adalah fakta yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Berbagai studi telah dilakukan untuk mengetahui rahasia sukses seseorang. Pada awalnya, kecerdasan intelektual atau yang lazim kita kenal dengan istilah Intellectual Quotient (IQ) yang ditemukan oleh Alfred Binet (1962), dianggap faktor yang dominan bagi kesuksesan seseorang. Anggapan ini memang tidak salah, namun setelah banyak orang cerdas otaknya, tetapi dia gagal dalam hidupnya seperti sulit dalam karir, susah mendapatkan kerja, banyak dijauhi orang karena memiliki sifat sombong, memunculkan anggapan baru bahwa orang cerdas secara intelektual tidak menjamin hidupnya sukses.

Awal tahun 1990-an muncul anggapan lain, bahwa orang akan sukses jika dia memiliki kecerdasan tidak saja secara intelektual tapi juga emosional. Istilah ini kemudian dipopulerkan oleh Daniel Goleman dengan nama Emotional Quotient (EQ). Kecerdasan emosional memegang peranan penting dalam menggapai kesuksesan. Mereka yang memiliki kematangan EQ mampu memecahkan masalah secara baik, lebih bisa mengendalikan amarah, membangun relasi dengan orang lain, bertanggungjawab, jujur, ulet, dan memiliki motivasi sukses yang lebih tinggi. Selain itu, orang yang memiliki EQ tinggi biasanya memiliki empati, self control, daya juang dan relasi yang banyak. Faktor-faktor inilah yang membuatnya mudah untuk meraih sukses.

Baru-baru ini kita dikenalkan dengan kecerdasan lain, yaitu kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient/ EQ). Jika kita membaca buku-buku tentang spiritual quotient yang ditulis oleh ilmuwan Barat mulai Danah Zohar, Ian Marshall, Dale Carnige, Anthony Robin, sampai Stephen R. Covey, maka kita akan menemukan bahwa suara hati dan nilai-nilai luhur dalam kehidupan seperti integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, loyalitas, semangat, bijaksana, visioner dan lainnya adalah bagian dari kecerdasan spiritual yang membuat manusia sukses dalam hidupnya.

Tapi IQ, EQ, dan SQ saja dianggap belum cukup untuk meraih kesuksesan.Adalah Paul G. Stoltz, Ph. D yang berani memberikan pernyataan itu. Menurutnya, untuk meraih sukses, seseorang harus melengkapi dirinya dengan Adversity Quotient (AQ), yaitu kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam mengatasi masalah dan sanggup bertahan hidup. Dengan AQ seseorang bagai diukur kemampuannya dalam mengatasi setiap persoalan hidup untuk tidak berputus asa dan memiliki sikap pantang menyerah serta berani gagal dalam menjalani hidup.

Jika kita mengamati dengan seksama, nilai-nilai luhur yang ada dalam IQ, EQ, AQ, dan SQ di atas sesungguhnya bersumber dari ajaran pokok Islam, yaitu al-Qur’an. Di dalam al-Qur’an terdapat begitu banyak ajaran tentang nilai-nilai kebajikan yang menjadi sumber suara hati manusia untuk memiliki empat kecerdasan tersebut. Bahkan, di dalam al-Qur’an terdapat tuntunan lengkap mengenai hakikat kecerdasan intelektual, emosional, adversitas, dan spiritual dalam menggapai kesuksesan.

Bedanya adalah kesuksesan yang ditawarkan al-Qur’an bukanlah kesuksesan semu yang hanya berada di kulit permukaan, namun kesuksesan hakiki yang berasal dari dalam dan tidak tergantung pada situasi dan kondisi luar. Bukan kesuksesan karena materi semata(fisical happines), penghargaan atau pujian, melainkan kesuksesan karena hidup sesuai dengan nilai-nilai mulia. Singkatnya, al-Qur’an melihat kesuksesan sebagai wujud keseimbangan hidup; dunia-akhirat, material-spiritual, jasmani-rohani, rasionalitas-religiusitas, serta take and gave.

Dari pernyataan di atas dapat ditarik benang merah bahwa jika kita ingin sukses maka kita harus memiliki empat kecerdasan sekaligus, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, dan kecerdasan spiritual. Secara garis besar, empat kecerdasan ini telah dijelaskan oleh al-Qur’an. Tugas kita adalah terus mengkaji, mengeksplore dan menginterpretsikan ayat-ayat al-Qur’an agar terwujud teori-teori konkrit dari keempat kecerdasan dimaksud.

Advertisements

2 responses

  1. Assalamulaikum. salam kenal mas. semoga kita semua sukses dunia akhirat

    1. W. Alaikum Salam. Salam kenal kembali. Terimakasih partisipasi dan do’anya. Insya Allah saya juga akan kunjungi Blog Mas Hamdani …….Salam Blogger dan Semoga sukses kembali !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: