Resensi FIlm : AVATAR

Oleh : J. Haryadi

Judul film : Avatar

Jenis film  : animasi-laga.

Pemain      : Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Michelle, Rodriguez, Stephen Lang, Joel David Moore

Sutradara  : James Cameron
Penulis       : James Cameron
Produser   : James Cameron, Jon Landau
Produksi    : 20th Century Fox
Durasi         : 161 menit

Hampir dipastikan film “Avatar” akan menjadi salah satu film “Box Office” di penghujung tahun 2009 ini. Betapa tidak, film “Avatar” versi kartunnya saja yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta tersebut saat ini telah menyita banyak penonton, mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Saking populernya bahkan perangkat handphone pun ikut-ikutan memasang figur Avatar sebagai icon tampilan pelengkapnya.

Sejak film “Avatar” diluncurkan secara resmi pekan lalu, James Cameron, Sang Penulis Cerita dan Sutradara Film tersebut telah diperkirakan sebelumnya bakal mendapat banyak pujian dari para kritikus dan pengamat film. Mereka berkeyanikan film tersebut akan laku keras dan pantas menyandang gelar “Box Office”. Disamping itu, beberapa orang yang telah menyaksikan film tersebut berpendapat bahwa film tersebut berisi pesan terselubung tentang anti-perang, pro-lingkungan, dan mungkin bahkan rasis.

Bagi Anda yang belum menyaksikan film ini, sedikit akan saya ceritakan mengenai gambaran film tersebut. Kisah ini dimulai pada masa depan, yaitu tahun 2154 ketika penduduk bumi telah menggunakan sebagian besar sumber daya alam yang ada untuk kemakmuran mereka dan hidup berkelebihan selama puluhan tahun. Ketika Sumber daya alam itu mulai menipis, saat itulah penduduk bumi bermaksud mencari sumber energi pengganti dengan berusaha menyerang dan menaklukkan Pandora, sebuah planet di tata surya yang besarnya kurang lebih sama dengan bumi. Saat itu Pandora dihuni oleh bangsa primitif yang berbentuk mirip manusia, berkulit biru, bertubuh besar dan memiliki ekor yang disebut Na’vi.

Penyerangan dimulai ketika penduduk bumi mengirimkan bala tentara bayaran bersenjata lengkap, canggih dan profesional. Mereka adalah pasukan khusus yang dilatih dan dibayar untuk menaklukkan suku bangsa Na’vi. Karena manusia tidak dapat bernapas pada atmosfir Pandora, manusia menciptakan mahluk buatan yang menyerupai Na’vi melalui proyek ilmiah yang melibatkan para ilmuwan terkemuka dunia. Program tersebut bernama Avatar.

Melalui program Avatar tersebut telah memungkinkan manusia bisa hidup di alam Pandora. Caranya adalah dengan menciptakan satu tubuh buatan dan pikiran manusia yang akan dijadikan tentara bayaran ini akan ditanamkan ke dalam tubuh baru yang disebut Avatar. Melalui Avatar ini para tentara bayaran ini akan merasakan seolah-olah itu adalah tubuh mereka sendiri.

Salah seorang yang masuk dalam program tersebut adalah Jake Sully (Sam Worthington), mantan marinir yang mengalami kelumpuhan total pada kakinya akibat perang di bumi. Melalui program Avatar tersebut telah memungkinkan Jake yang cacat bisa berjalan kembali layaknya orang normal. Tugas Jake adalah menjadi pemandu bagi beberapa manusia yang menggunakan tubuh Avatar untuk mencari sumber mineral baru untuk kepentingan industri di bumi.

Di tengah perjalanan, Jake bertemu dengan Neytiri (Zoe Saldana), seorang anak perempuan raja Klan Omaticaya, penghuni Planet Pendora. Semula Jake memperoleh informasi mengenai kehidupan bangsa Na’vi melalui Neytiri. Jake sangat terkesan dengan apa yang sudah dilakukan bangsa  Na’vi terhadap alam mereka, sehingga kehidupan bangsa Na’vi begitu makmur, aman dan damai. Apalagi dengan sikap ramah masyarakatnya dan keindahan panorama alamnya yang membuat Jake betul-betul terkesima dan jatuh cinta dengan mereka. Bahkan Jake terlibat hubungan asmara dengan Neytiri. Berawal dari cinta inilah Jake lantas menghadapi dilema antara melanjutkan misinya mengeksplorasi Pandora atau membela kaum Na’vi. Pilihan yang sulitpun harus ia pilih sehingga ia menjadi penghianat bangsa manusia dan ikut berbalik berjuang membantu memimpin masyarakat Pandora dalam mempertahankan tanah air mereka.

Avatar merupakan salah satu film petualangan yang bertema epik dan menjadi film yang paling dinantikan tahun ini. James Cameron, sang sutradara sudah cukup lama tidak menyutradarai film bertema epik. Film berdurasi 161 menit ini menghabiskan biaya sekitar 300 juta dollar. Tapi biaya yang dikeluarkan memang cukup sebanding dengan hasil yang dicapainya. Melalui skenario yang apik, efek suara dan grafis yang fantastis. Hadir dengan teknologi IMAX 3D, film ini dijamin dapat membuat penontonnya takjub dengan berbagai keindahannya.

Penyanyi asala Inggris, Leona Lewis masih dipercaya James Cameron dalam menggarap theme song Avatar yang berjudul “I see you”. Tentu kerjasama ini tak terlepas dari suksesnya  Leona Lewis saat dipercaya James Cameron menggarap theme song proyek film “Aliens” dan “Titanic” sebelumnya.

Beberapa penghargaan telah berhasil diperoleh film Avatar, diantaranya adalah sebagai “The Best Picture” dari New York Film Critics Online. Sementara itu, Broadcast Film Critics Association mencantumkan film Avatar ke dalam sembilan nominasinya. Bahkan, film ini masuk dalam nominasi 67th Golden Globe Awards pada kategori Best Motion Picture untuk Drama,  Best Director, Best Film Score dan Best Film Song bersaing dengan film “Inglourious Basterds”.

Nah, bagi rekan-rekan yang belum nonton film ini jangan ketinggalan untuk menontonnya. Dan bagi rekan-rekan yang sudah menontonya, jangan lupa memberikan kesan dan komentarnya.

* * *

Advertisements

10 responses

  1. Film Avatar pasti diputarnya di bioskop ya Jum.
    Filmnya mantap Jum…..

  2. keren banget ni film sutradaranya dan desian grafisnya TOP

  3. lumayan filmnya bos………..
    tapi g ada film yang dapat menyihir penontonnya hingga penonton ikut-ikutan jadi karakter mereka??

  4. andai ja aq jdi pmeran utama dlm flm ntu ya!!!!!!!!!!!

  5. Wow…! Film AVATAR ini KEREN BANGEEET…!
    Ku tunggu Film AVATAR selanjutnta…!!!

  6. bagus keren bangt film iini bagusssssssssssssss

  7. bakal ada sekuel nya gak ya

  8. film terkeren yang pernah w tonton seumur hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: