Kolam Renang 3 in 1

Baru-baru ini saya diajak bermain kerumah kakak salah seorang rekan saya di Cisa’at, Sukabumi. Kakak teman saya tersebut namanya kang Dadang. Lelaki jebolan APDN (Akademi Pemerintahan Dalam Negeri) dan fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM (Universitas Gajah Mada) tersebut pernah menjadi camat termuda di kabupaten Sukabumi dan sekarang dipercaya memegang jabatan sebagai salah seorang kepala kantor di Pemda Sukabumi.

Tidak seperti pejabat yang kita kenal selama ini yang biasanya terkesan formil dan jaga jarak dengan orang yang baru dikenalnya, tapi pejabat yang satu ini sedikit cuek, nyentrik, low profil dan gampang akrab dengan siapa saja. Jadi tidak heran, dimanapun dia ditugaskan selalu mendapat banyak teman dan selalu sukses menjalankan tugas yang diembannya.

Kang Dadang beristrikan gadis Sukabumi, anak seorang juragan angkot (angkutan kota) yang sukses. Darah bisnis mengalir dari keluarga istrinya. Disela kesibukannya sebagai seorang pejabat publik, kang Dadang bersama istrinya membuat kolam renang di samping rumahnya yang asri, bukan untuk kolam pribadi melainkan untuk disewakan kepada masyarakat. Kolam renang yang ukurannya tidak terlalu besar tersebut terdiri dari dua buah, yang satu berkedalaman 1 meter dan diperuntukkan anak-anak dan satu lagi berkedalaman 1,5 meter yang ditujukan untuk orang dewasa.

Kolam renang rancangan sendiri ini tidak kalah dengan kolam renang yang ada di hotel, bahkan mungkin ini sedikit lebih artistik. Maklum ada darah seni mengalir ditubuh kang Dadang yang tidak tersalurkan, sehingga kesempatan membuat kolam ini juga menjadi ajang improvisasinya. Kolam renang karyanya tersebut dibuat lengkap dengan taman dan restoran kecil yang ada diantara kedua kolam renangnya. Dengan sentuhan seni yang tinggi kolam ini tampak lebih dari sekedar kolam renang biasa, tapi menyerupai juga sebuah kafe pantai dan terkesan mewah.

Kolam ini saya buat dari hasil tabungan saya dan uang warisan orangtua istri saya. Kami membuatnya disamping tambahan penghasilan juga buat persiapan masa tua. Adanya kolam renang ini juga telah membuat lapangan pekerjaan baru untuk warga disekitarnya. Karyawan saya berjumlah 3 orang, yaitu 1 orang penjaga karcis, 1 orang penjaga kios makanan dan seorang lagi bertugas menyewakan pakaian renang merangkap pembersih kolam. Sementara diluar ada juga petugas parkir yang saya ambil dari tetangga, tetapi tidak saya gaji melainkan dari hasil jasa parkiran tersebut,” kata kang Dadang menjelaskan.

Kalau kolam renang dipakai untuk berenang, itu sih biasa. Tapi kolam renang kang Dadang ini memiliki kelebihan dibandingkan kolam renang yang biasa kita kenal. Kolam renang ini juga dipersiapkan untuk acara out bound. Dia telah mempersiapkan beberapa paket permainan yang cukup menarik, diantaranya berjalan diatas seutas tali menyeberangi kolam, berjalan diatas jembatan goyang, permainan bola basket dan polo air. Demi keamanan dan kenyamanan, kang Dadang sengaja membeli peralatan langsung dari ahlinya yaitu di pusat penjualan alat pendaki gunung, Eiger, Bandung. Semua orang sudah tahu Eiger memproduksi peralatan canggih yang dijamin kekuatannya untuk para pendaki gunung profesional.

Adanya kolam renang dan permainan out bound ini bertujuan agar membuat anak-anak menjadi sehat, kuat dan timbul keberanian. Adanya keberanian membuat mereka jadi percaya diri. Hal ini akan mendorong mereka kelak akan tumbuh menjadi pemuda yang tangguh, berdaya juang tinggi dan tidak mudah menyerah,” kata kang Dadang menjelaskan alasan adanya permainan ini dikolamnya.

Dan yang tak kalah menariknya, kang Dadang juga merencanakan membuka kolamnya malam hari khusus untuk acara “ulang tahun” dengan model standing party, diiringi dengan organ tunggal. Sasarannya tentu saja para remaja. Sambil berulang tahun ria, menyantap makanan dan minuman ringan sambil mendengarkan musik lembut, juga bisa dikombinasikan dengan permainan-permainan yang menarik.

Saya terinspirasi dari acara sinetron di televisi, yang sering menyuguhkan cara party di tepi kolam. Tapi saya juga tahu kocek para remaja, sehingga tarif saya tidak mahal. Saya merasa sukses apabila saya bisa menyenangkan banyak orang,” kata pria berputra 4 orang ini menjelaskan.

Apa yang telah dilakukan kang Dadang merupakan suatu terobosan dalam bisnis kolam renang. Dia memang kreatif dalam menerapkan usaha yang dikelolanya. Biasanya kolam renang sewaan hanya dipakai untuk kegiatan berenag saja, tapi oleh kang Dadang sudah diubah menjadi tempat rekreasi dan entertain. Tidak salah kalau saya menyebutnya sebagai pelopor bisnis kolam renang 3 in 1 yaitu satu arena kolam renang yang dipakai untuk acara renang, out bound dan pesta. Bravo kang Dadang !

 

* * *

6 responses

  1. Ide nya boleh juga ya, begitu inovatif dan patut di tiru.

  2. menurut saya, kang dadang memang hebat…
    berkat kerja kerasnya bisa membuat kolam renang yang diperuntukkan masyarakat.

  3. Kerja Keras Kang Dadang Patut ditiru…..
    semangat terus kang….

  4. ide yang sangat bagus dan brilian semoga dapat direalisasikan…

  5. artikelnya sudah bagus . .
    tp mengapa bapak juga tidak memasukan kehidupan bapak sendiri ke dalam artikel dalam blog ,. .

    saya rasa ada hal menarik jika kami tau lebih jauh tentang bapak . .

  6. wah bagus tu kang,kira2 pembuatan kolam renang biayanya berapa ya?kebetulan aku jg lg merencanakan buat kolam renang di daerah grobogan,dan skr lg cari investor neh,,,,

Leave a Reply

